Apakah Pasien Diabetes Bisa Sembuh? Ini Kata Dokter

Apakah Pasien Diabetes Bisa Sembuh? Ini Kata Dokter
Apakah Pasien Diabetes Bisa Sembuh? Ini Kata Dokter
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dr. Gunawan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Medistra,mengatakan bahwa meskipun pasien diabetes tidak dapat disembuhkan atau dikembalikan ke keadaan normal, namun penyakit ini dapat dikontrol.

“Garis dasarnya adalah normal, prediabetes, dan diabetes.
Sekali Anda menderita diabetes, Anda tidak bisa kembali ke normal atau prediabetes,” katanya.

Gunawan menjelaskan bahwa kadar gula darah normal atau HbA1c 5.7 persen pada pasien diabetes bukan berarti diabetesnya sudah sembuh, melainkan diabetesnya sudah terkendali.

Baca Juga:Sebanyak 193 Truk Masuk Gaza untuk Bantuan KemanusiaanTernyata Akunpuntur Bisa Jadi Pilihan Terapi Pasien Stroke, Ini Kata Ahlinya!

“Saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan diabetes.
Sama seperti tekanan darah tinggi, tidak ada obatnya dan kerusakannya sudah terjadi, jadi kita harus mengendalikannya. Kita mungkin akan menemukan obat untuk diabetes dalam waktu 5 sampai 10 tahun. Kita tunggu saja,” katanya.

Faktor risiko diabetes yang umum diidentifikasi termasuk obesitas, kurangnya aktivitas fisik, merokok, riwayat diabetes dalam keluarga, dan hiperglikemia selama kehamilan.

Dr. Gunawan menekankan bahwa kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan memerlukan perhatian khusus.

Beliau menekankan bahwa diabetes dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana seperti menjaga berat badan, aktivitas fisik yang teratur, membatasi pola makan, dan tidak merokok.

Ini adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes.

Bagi orang yang sudah mengidap diabetes, ia merekomendasikan untuk mengurangi asupan makanan kaya karbohidrat dan melakukan olahraga aerobik secara teratur.

Namun, penting untuk memeriksa kesehatan jantung Anda sebelum memulai olahraga berisiko tinggi.

Target aktivitas fisik yang direkomendasikan adalah 150 menit per minggu.

Ini adalah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengelola diabetes.

Baca Juga:Red Hat Temukan Penemuan Baru AI untuk Mempermudah Bisnis ITPenting! Cek Cairan Rem Kendaraan Sebelum Digunakan Saat Berlibur

“Diabetes dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko, seperti menurunkan berat badan, aktivitas fisik yang teratur, menjaga pola makan, dan minum obat,” jelasnya.

0 Komentar