Salah Satu Produk Olahan Ikan, Ini 4 Manfaat Surimi

Salah Satu Produk Olahan Ikan, Ini 4 Manfaat Surimi (ilustrasi: Pixabay)
Salah Satu Produk Olahan Ikan, Ini 4 Manfaat Surimi (ilustrasi: Pixabay)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Surimi merupakan produk olahan makanan yang berasal dari ikan, khususnya ikan laut seperti ikan putih seperti pollock, hake, atau whiting. Proses pembuatan produk olahan ini melibatkan penggilingan daging ikan, penghilangan tulang, kulit, dan lemak, serta pemisahan protein ikan dari air dan minyaknya.

Setelah melalui proses pengolahan di awal, selanjutnya protein ikan yang telah dipisahkan diolah menjadi pasta ikan yang kemudian dicetak menjadi berbagai bentuk, seperti batangan atau bola, dan kemudian dibekukan untuk digunakan dalam berbagai hidangan.

Penting untuk diketahui bahwa mungkin terdapat beberapa produk surimi yang dijual dengan tambahan bahan yang mengandung pengawet, pewarna, atau pengental. Oleh karena itu, penting untuk membaca label dengan teliti sebelum membeli produk surimi dan memilih yang lebih alami dan minim bahan tambahan yang tidak diinginkan.

Baca Juga:Miliki Beberapa jenis, Ketahui Manfaat Kaviar Merah Secara UmumSelain Lezat, Ketahui 5 Manfaat Konsumsi Unagi Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat yang umumnya terdapat dalam surimi, di antaranya:

Kandungan dalam Surimi

  • Protein

Surimi kaya akan protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta membantu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak.

  • Karbohidrat

Meskipun memiliki jumlah yang tidak signifikan, surimi juga mengandung sedikit karbohidrat.

  • Mineral

Surimi dapat menyediakan mineral seperti kalsium, fosfor, dan selenium yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin

Surimi juga dapat memberikan beberapa jenis vitamin seperti vitamin B12 dan selenium yang berguna untuk berbagai fungsi tubuh seperti pembentukan darah dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Surimi

  • Sumber Protein

Surimi merupakan sumber protein yang baik, konsumsi surimi dapat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan otot, serta untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

  • Rendah Lemak

Surimi cenderung memiliki kandungan lemak yang rendah. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga asupan lemak dalam diet mereka.

Baca Juga:Campuran Rempah Khas Jepang, Berikut 5 Manfaat Sichimi6 Rekomendasi Film Komedi Romantis yang Wajib Ditonton

  • Serba Guna

Surimi dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sushi, sashimi, sup, kari, kimbap, pangsit, atau berbagai makanan laut lainnya.

  • Harga Terjangkau

Surimi seringkali lebih terjangkau dibandingkan dengan daging ikan utuh. Hal ini membuatnya menjadi alternatif yang baik bagi orang-orang yang ingin menikmati rasa makanan laut tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

0 Komentar