Debut Aquaman 2 Bikin Geleng-geleng: Ternyata Lebih Loyo dari The Marvels!

Debut Aquaman 2 Bikin Geleng-geleng: Ternyata Lebih Loyo dari The Marvels!
Dalam sebuah akhir pekan yang panjang menjelang Natal 2023, Aquaman and the Lost Kingdom rupanya harus menelan pil pahit.
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dalam sebuah akhir pekan yang panjang menjelang Natal 2023, Aquaman and the Lost Kingdom rupanya harus menelan pil pahit. Film yang ditunggu-tunggu ini gagal mengukir prestasi gemilang di box office, mendebut dengan pendapatan sebesar US$28 juta, setara dengan Rp433 miliar (US$1=Rp15.467) di Amerika Utara.

Variety melaporkan pada Minggu (24/12) bahwa proyek ambisius James Wan ini diproyeksikan hanya meraup US$40 juta selama empat hari libur panjang hingga 26 Desember di Amerika Utara. Angka ini terasa jauh di bawah debut The Marvels pada November 2023 yang mencapai US$47 juta.

Kekecewaan ini tidak hanya dirasakan oleh para penggemar, tetapi juga menjadi sorotan tajam dari para kritikus. The Marvels, dengan pendapatan yang lebih tinggi, bahkan dianggap sebagai film Marvel Cinematic Universe dengan pendapatan terendah sepanjang sejarah.

Baca Juga:Dari Teman Dekat, Bradley Cooper dan Gigi Hadid Dikabarkan Sudah Pacaran LamaTikTok Beraksi! Lawan Misinformasi Bareng Pengguna Jelang Pemilu

Aquaman and the Lost Kingdom kini menjadi tambahan dalam daftar panjang film-film DC Movies yang gagal bersinar di box office. Sebelumnya, The Flash hanya mampu meraih debut US$55 juta, Shazam! Fury of the Gods dengan US$30 juta, dan Blue Beetle dengan US$25 juta. Mayoritas dari film-film ini bahkan dianggap sebagai “flop” di bioskop.

Menurut Variety, memang lazim bagi film-film yang dirilis pada bulan Desember untuk tidak mencapai angka fantastis. Namun, mereka memiliki daya tahan yang kuat hingga tahun baru tiba. Sebagai contoh, Aquaman pada 2018 lalu berhasil meraih debut US$67 juta dan mampu turun layar dengan pendapatan mencapai US$335 juta di Amerika Utara, atau bahkan mencapai US$1,15 miliar secara global.

Namun, kasus Aquaman and the Lost Kingdom ini agak berbeda. Film ini merupakan karya terakhir sebelum DC Movies memasuki era baru di bawah rezim James Gunn dan Peter Safran, yang melakukan total perombakan konten DC Movies.

“Tahun 2023 berakhir dengan catatan buruk,” ujar David A Gross dari Franchise Entertainment Research, seorang konsultan perfilman. “Bisnis lebih sepi dibandingkan bulan Desember lalu, ketika ada Star Wars, Jumanji, atau Aquaman pertama.”

Aquaman and the Lost Kingdom, yang kembali digarap oleh James Wan sebagai sutradara, dan ditulis oleh David Leslie Johnson-McGoldrick sebagai penulis skenario, membawa kembali sebagian besar pemeran utama dari film pertama. Selain Jason Momoa, ada Patrick Wilson, Amber Heard, Nicole Kidman, Yahya Abdul-Mateen II, hingga Dolph Lundgren dan Temuera Morrison.

0 Komentar