TikTok Beraksi! Lawan Misinformasi Bareng Pengguna Jelang Pemilu

TikTok Beraksi! Lawan Misinformasi Bareng Pengguna Jelang Pemilu
Dalam menghadapi Pemilu, TikTok mengajak seluruh pengguna dan masyarakat untuk bersatu melawan segala bentuk misinformasi di platform digital.
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dalam menghadapi Pemilu, TikTok mengajak seluruh pengguna dan masyarakat untuk bersatu melawan segala bentuk misinformasi di platform digital. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya menciptakan Pesta Demokrasi lima tahunan yang berjalan dengan damai dan berkualitas.

Dalam kampanye #SalingJaga, TikTok meluncurkan video panduan kreatif yang bertujuan untuk mendidik pengguna dan masyarakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di dunia digital. Upaya ini merupakan respons terhadap banjir informasi di platform digital yang membuat warganet kesulitan memilah dan mengonfirmasi kredibilitas informasi.

Faris Mufid, perwakilan TikTok Indonesia dalam bidang Public Policy and Government Relations, menyatakan bahwa keamanan digital merupakan tanggung jawab bersama. Dengan #SalingJaga, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari konten-konten negatif dan informasi yang keliru.

Baca Juga:Cerita Anak SD di Bandung: Psikolog Bongkar Pentingnya Peran Orang Tua!5 Trik Pilih AC Biar Tagihan Makin Ringan!

Dalam video #SalingJaga, TikTok bekerja sama dengan figur publik dan kreator terkenal seperti Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, dan Dims The Meat Guy. Keempatnya memberikan edukasi kreatif tentang cara #SalingJaga di platform digital melalui tips-tips sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Merry Riana juga menekankan pentingnya bersikap bijak dalam berinteraksi di dunia digital, khususnya bagi generasi muda yang semakin aktif menyuarakan pendapat. Kemajuan teknologi, menurutnya, harus diimbangi dengan tanggung jawab besar dalam #SalingJaga.

TikTok juga mengingatkan pengguna untuk lebih berhati-hati saat menciptakan, mengonsumsi, dan membagikan konten di platform digital dan media sosial. Dengan format video singkat yang kreatif, TikTok berharap pesan ini dapat lebih mudah dipahami dan disebarkan oleh lebih banyak orang.

Di TikTok, sistem rekomendasi di laman For You mempertimbangkan preferensi pengguna berdasarkan interaksi, informasi dalam video, dan pengaturan perangkat. Melalui video #SalingJaga, TikTok mengingatkan pengguna bahwa mereka memiliki kendali atas pengalaman di platform ini, termasuk konten yang mereka konsumsi.

TikTok juga menyoroti potensi misinformasi dalam konten video singkat dan mengajak kreator konten untuk memainkan peran dalam berbagi informasi yang kredibel. Dims The Meat Guy menekankan pentingnya cek fakta sebelum membagikan konten agar dapat #SalingJaga dari dampak misinformasi.

0 Komentar